Yuk, Intip Keseruan Pelatihan Pramugari !

Administrator, 29 November 2020 05:10 am

Yuk, Intip Keseruan Pelatihan Pramugari !

Siapa yang tidak ingin menjadi pramugari ? cantik, anggun, dan berpenampilan elegan identik dengan pramugari pesawat. Namun siapa sangka di balik penampilannya, seorang pramugari harus menjalani pelatihan yang keras untuk tampil terbaik di hadapan penumpang. Salah satunya pramugari Garuda Indonesia. Ya, semua itu perlu perjuangan dan waktu yang tidak sedikit untuk menjadi pramugari pesawat. Mereka harus menjalani pelatihan training seperti dry drill, wet drill, flight simulator, dan lainnya. Mulai dari pilot, pramugari, hingga flight operation officer ditempa untuk menjadi awak kokpit dan awak kabin yang profesional dan berkualitas.

Bertempat di Garuda Indonesia Training Center (GITC), Cengkareng Jakarta, seluruh calon pramugari dan pilot melakukan training.Untuk menjadi pramugari dan pramugara Garuda Indonesia memang tidak mudah. Calon pramugari harus melewati beberapa tahapan training, seperti ground training dan flight training.

Mereka harus menjalani pelatihan hingga lima bulan. Pelatihannya berupa cabin practice, announcement, first aid dan prosedur penggunaan alat-alat keselamatan .

Yang terpenting bagi seorang pramugari harus memiliki perilaku yang baik. Mereka juga diberi pelatihan mengenai tata cara berpenampilan sesuai aturan perusahaan, seperti berdandan, cara berdiri, berjalan serta berjongkok.Tidak lepas dari itu siswa juga diajarkan etika ketika melayani penumpang. Senyum dan tulus dan ikhlas menjadi syarat utama pramugari dalam bekerja. 

Selain itu mereka akan melakukan pelatihan bagaimana melakukan prosedur keselamatan penumpang baik saat terjadi keadaan darurat di darat maupun di air. Saat situasi darurat , pramugari harus bisa mengevakuasi penumpang hanya dalam kurun waktu 90 detik. Itulah sebabnya seorang pramugari memiliki sikap cepat tanggap.

Tahapan setelah ground training adalah fase flight training atau praktek terbang. Siswa pramugari bertugas pada satu penerbangan dan melakukan perannya langsung di penerbangan tersebut.

Ketika kedua tahapan pelatihan telah dilewati , tahapan akhir adalah ujian lisensi. Inilah yang menentukan apakah seorang pramugari layak terbang atau tidak.Semua calon pramugari akan diuji kompetensinya oleh otoritas penerbangan terkait dalam hal ini DKPPU (Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara). Ketika ujian dinyatakan lulus, maka calon pramugari tersebut sudah bisa dinyatakan layak terbang dan bisa langsung terbang baik rute domestik maupun internasional setelah menandatangani kontrak kerja dengan maskapai.

Pelatihan yang cukup panjang adalah proses untuk membentuk pramugari yang handal dan berkualitas serta mampu memberikan pelayanan terbaik pada setiap penumpang.

Tertarik untuk menjadi pramugari ?

Hubungi kami di : www.megaaviasi.com




Baca Artikel Lainnya
Chat WhatsApp